BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam masa modern ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat telah membawa berbarbagai dampak dalam kehidupan manusia.Terutama kepada para pelajar. Berbagai media massa telah memberi dampak negatif bagi pelajar. Bahkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan dampak negatif bagi para pelajar.
Facebook merupakan salah satu dari dunia internet atau dunia maya yang sangat digandrungi para remaja pada saat sekarang ini. Waktu belajar siswa menjadi sangat kurang karena dihabiskan hanya untuk online ( facebookan ). Banyak alasan para remaja menggunakan facebook.
Maka dari sinilah kita mengangkat karya ilmiah untuk mengetahui apakah facebook akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
B. Rumusan Masalah
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka kami memberikan rumusan masalah diantaranya :
1. Apakah Facebook sudah dimiliki oleh para siswa kelas XI.B1.
2. Apakah Facebook akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI.B1.
C. Tujuan dan Kegunaan
1. Tujuan penelitian :
a. Untuk mengetahui dengan jelas apakah siswa kelas XI.B1 sudah mempunyai Facebook.
b. Untuk memperoleh imformasi apakah Facebook dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI.B1.
2. Kegunaan penelitian :
a. Untuk memotivasi kembali minat belajar siswa kelas XI.B1.
b. Agar para siswa dapat mengurangi waktunya untuk online ( facebookan ) dan lebih memperhatikan pelajaran.
BAB II
METODE PENELITIAN
Metode penelitian pada dasarnya adalah penggabungan antara pemikiran rasional dengan dengan pemikiran empirisme,artinya pernyataan yang dirumuskan di satu pihak lain dapat dibuktikan melalui data dan fakta secara empiris yang dilakukan melalui penelitian. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini terdiridari :
A.Metode Pendekatan
Dalam penyusunan skripsi penulis manggunakan 2 bentuk pendekatan antara lain :
a. Pendekatan paedagosis yaitu suatu pendekatan untuk mengetahhui pengaruh facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI.B1.
b. Pendekatan psikologis yaitu suatu pendekatan untuk mengetahui sejauh mana facebook dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI.B1.
B. Instrumen Penelitian
Tehnik pengumpulan data atau instrume penelitian adalah cara memperolah data dan informasi dengan menggunakan alat-alat tertentu. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Observasi atau pengamat
Pengumpulan data dengan observasi atau pengamat adalah cara pengambilan data dalam penelitian dengan menggunakan mata dan bantuan alat-alat atau dengan kata lain observasi adalah suatu cara untuk mengetahui masalah dengan datang langsung ke lapangan untuk mengamati dan mencatat data yang diperlukan.
2. Wawancara
Wawancara menurut Drs. Syrifuddin. S adalah “ Proses memperoleh keterangan untuk memperoleh tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab sambil bertatap muka antara Si penanya dan Si penjawab dengan menggunakan alat yang dinamakan pedoman wawancara”
3. Angket
Yaitu, penulis membuat daftar pertanyaan yang di lengkapi dengan alternatif jawaban untuk pilihan salah satu untuk diantaranya yang dianggap tepat oleh responden.
C. Prosedur Pengumpulan Data
1. Tahap persiapan
2. Tahap pengumpulan data
3. Tahap pengolaan data
BAB III
HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Umum SMA NEGERI 1 TAMALATEA
SMAN 1 Tamalatea merupakan salah satu sekolah menengah umum dari tiga sekolah yang terdapat di Kec. Tamalatea Kab. Jeneponto yang mempunyai prestasi yang dapat di banngakan dalam bidang Olahraga. Sekolah ini mempunyai batas –batas geografis yaitu :
1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kec. Bontoramba
2. Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Binamu
3. Sebelah Brat bebatasan dengan Kec.Bangkala
4. Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Flores
Sekolah ini memiliki luas sekitar 1 Hektar yang terbagi atas 23 kelas, terdapat 5 Leb, satu ruangan guru dan 1 ruangan Kepala Sekolah. Demikianlah gambaran singkat tentang wilayah SMA NEGERI 1 TAMALATEA sebagai lokasi penulisan karya ilmiah ini.
B. Facebook Menjalar kepada para Pelajar
Dalam bagian ini kami mengemukakan hasil penelitian yang dilaksanakan para siswa kelas XI.B1.
TABEL I
Apakah Anda mempunyai facebook ?
NO | Alternatif Jawaban | Frekuensi | Persentase |
1. 2. | Ya Tidak | 10 - | 100% - |
Jumlah | 10 | 100% |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar