
PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI.B1 SMAN. 1 . TAMALATEA
KARYA ILMIAH
Diajukan Sebagai Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Oleh :
KELOMPOK 1
DEDE ZULKARNAIN
REZKY NURWAHYUNI
REZKY TRISNAWATI JUM
INDAH WAHYU NINGSIH
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Karya ilmiah dengan judul “ PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI.B1 SMAN 1 TAMALATEA ” telah di periksa dan di setujui oleh pembimbing.
Tanetea,……Februari 2010
Guru Mata Pelajaran
Hasanuddin, S.pd
Nip. 19711114 1995
HALAMAN PENGESAHAN
Dengan ini menerangkan bahwa Karya Tulis dari :
- Nama : Dede Zulkarnain
Nis : 5927
Kelas : X1.B1
- Nama : Rezky Nurwahyuni
Nis : 5903
Kelas : X1.B1
- Nama : Rezky Trisnawati Jum
Nis : 5955
Kelas : X1.B1
- Nama : Indah Wahyu Ningsih
Nis : 5881
Kelas : X1.B1
5. judul : Telah disahkan oleh : PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI.B1 SMAN. 1 . TAMALATEA.
Tanetea, Februari 2011
Wali Kelas Guru Mata Pelajaran
Hasanuddin,S.pd Hasanuddin,S.pd
KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr.wb………………………
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Karena hanya berkat karunianya sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan.
Karya tulis ini dibuat demi tuntutan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada khususnya dan pembaca pada umumnya, untuk mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai latar belakang “ PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI.B1 SMAN. 1 . TAMALATEA ”
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan yang mungkin kurang sesuai dengan keinginan pembaca. Olehnya itu, penulis sangat terbuka untuk menerima semua saran dan kritikan yang dapat membangun demi kesempurnaan karya tulis ini. Dan juga bertambahnya pengawasan dan wawasan penulis dalam pembuatan karya tulis.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1. Bapak Hasanuddin, S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan kesempatan dan motifasi untuk mengadan peneliyian di lapangan dalam pengumpulan data dan bahan keterangan mengenai permasalahan yang dibahas sampai karya tulis ini dapat rampung dan terwujud.
2. Para orang tua penulis yang telah memberikan dukungan moril untuk menyelasaikan karya tulis ini.
3. Teman teman dari XI.B1 yang telah memberikan dukungan sehingga karya tulis ini dapat di selesaikan.
4. Para Responden yang telah meluangkan waktunya dan sekaligus pengetahuannya yang berhubungan dengan penelitian kami.
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL. . …………………………………….... ………… i
HALAMAN PERSETUJUAN……………………………….………… ii
HALAMAN PENGESAHAN ……………………..…………………… iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………… iv
DAFTAR ISI …………………………………………………………… vi
DAFTAR TABEL ……………… ……………………………………… viii
DAFTAR GAMBAR................................................................................. x
ABSTRAK.................................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………… 1
A. Latar Belakang …………………………………………… 1
B. Rumusan Masalah ………………………………………… 1
C. Tujuan Dan Kegunaan……………………………………… 2
BAB II Metode Penalitian…………………………………………… 3
A. Mertode Pendekatan…………………………………........... 3
B. Instrumen Penelitian ……………………………….................. 3
BAB III HASIL PENELITIAN………………………........................... 5
A. Ganbaran Umum Tentang SMA Neg.1Tamalatea………......... 5
B. Facebook Menjalar Kepada Para Remaja Khususnya Pelajar..... 5
C. Pengaruh Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI.B1...13
D. Analisis Permasalahan…………………………………........... 18
BAB IV PENUTUP ……………………………………..………………... 20
A. Kesimpulan………... ………………………............................... 20
B. Saran……………………….……………………….................... 20
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………................ 22
AUTO BIOGRAFI PENULIS ……………………………........................... 36
DAFTAR TABEL
1. Apakah Anda mempunyai facebook ?............................................... 6
- Berapa Facebook yang dimiliki para Pelajar ?................................. 7
- Sudah berapa lama Facebook digunakan ?..................................... 8
- Waktu yang dihabiskan untuk Online ( Facebookan ) ?................. 9
5. Berapa kalikah dalam seminggu Pelajar online ?........................... 10
6. Tujuan Menggunakan Facebook ? ................................................. 10
7. Sesering apakah Siswa Online ? ....................................................... 11
8. Sesering apakah Siswa Online ?........................................................ 12
9. Tempat yang digunakan siswa untuk Online ?................................ 12
10. Facebook mengganggu Pelajaran ? ..................................................13
11. Belajar lebih baik daripada Online ? ............................................... 13
12. Online lebih baik daripada Belajar ? ............................................... 14
13. Pada saat Online siswa memikirkan Pelajaran ? ............................ 14
14. Facebook dapat berpengaruh pada Prestasi Belajar siswa ? ........ 15
15. Selama bergabung dengan Facebook , Pelajaran terbengkalai ? 15
- Selama bergabung dengan Facebook , pertanyaan dari guru dapat dijawab ?...............................................................................................16
17. Selama bergabung dengan Facebook , Siswa dapat berkonsentrasi belajar ?..... .........................................................................................16
18. Selama bergabung dengan Facebook , Prestasi belajar meningkat ?............................................................................. 17
19. Selama bergabung dengan Facebook , Prestasi belajar menurun ? ................................................................................ 17
20. Selama bergabung dengan Facebook , Prestasi belajar stabil ? ..................................................................................... 18
DAFTAR GAMBAR
- Tampilan depan Warnet teRASTAnet di Tanetea....................... 35
- Tampilan Layar depan Sign in Facebook..................................... 35
ABSTRAK
Penelitian ini bertolak dari dua permasalahan sebagai berikut : 1. Facebook sudah menjalar kepada para remaja khususnya para pelajar siswa kelas XI.B1, 2. Facebook dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa kelas XI.B1.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu penyebaran angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Ternyata Facebook sudah menjalar kepada para remaja terutama siswa kelas XI.B1, tujuan siswa menggunakan Facebook adalah untuk mencari teman , siswa biasanya online di Warnet dan Handphone, dan pandangan para remaja ataupun siswa terhadap Facebook biasa saja. 2. Facebook dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa kelas XI.B1 karena pendapat siswa selama mereka bergabung dengan layanan Facebook prestasi siswa ada yang meningkat,menurun,dan adapun yang stabil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar