Rabu, 28 Desember 2011

MAKALAH TIK


MAKALAH
TIK



TUTWURI
 


                      






DI  SUSUN 
OLEH :
DEDE  ZULKARNAIN
5927
XI.B1
SMAN  1  TAMALATEA
TAHUN  PELAJARAN  2010 / 2011

KATA  PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr.wb………………………
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Karena hanya berkat karunianya sehingga makalah  ini dapat diselesaikan.
            Makalah ini dibuat demi tuntutan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada khususnya dan pembaca pada umumnya, untuk mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai latar belakang “ MICROSOFT  EXCEL
             Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan yang mungkin kurang sesuai dengan keinginan pembaca. Olehnya itu, penulis sangat terbuka untuk menerima semua saran dan kritikan yang dapat membangun demi kesempurnaan karya tulis ini. Dan juga bertambahnya pengawasan dan wawasan penulis dalam pembuatan karya tulis.
            Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan  yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Bapak Drs. H. Abdul Hakim selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Tamalatea yang telah memberikan bimbingan  kepada kami semua selaku siswa

2.      Ibu Firawati Amal, S.Pd. selaku guru TIK yang telah memberikan kesempatan dan motivasi untuk mengembangkan pengetahuan tentang Microsoft Excel.
3.      Para orang tua penulis yang telah memberikan dukungan moril untuk menyelasaikan makalah  ini.

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL. . ……………………………………....  …………    i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………     ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………      iii
DAFTAR   TABEL......................................................................................   iv
DAFTAR  GAMBAR................................................................................      v
BAB I  PENDAHULUAN……………………………………………           1
A.    Latar Belakang ……………………………………………           1
B.     Tujuan Dan Kegunaan………………………………………        1
BAB II  METODE  PENGUMPULAN  DATA....................................        2
A.    Instrumen Pengumpulan Data ………………………………...      2
B.     Lokasi dan Waktu  Penelitian...................................................       2
BAB  III  PEMBAHASAN...........................................................................   3
A.    Microsoft  Office..........…………………………………...........     3
B.     Microsoft  Office  Excel.............................................................      4
C.     Sejarah Perkembangan Microsoft Office Excel.........................       4
D.    Versi Microsoft Office Excel.....................................................       6
E.     Keuntungan Microsoft Office Excel.........................................        7
BAB IV  PENUTUP ……………………………………..……………….   9
A.    Kesimpulan………... ………………………...............................   9
B.     Saran……………………….………………………....................   9
    DAFTAR  PUSTAKA...................................................................................    10
                BIOGRAFI PENULIS...................................................................................    11 

DAFTAR  TABEL

  1. Versi – versi  Microsoft  Office  Excel...................................................     6






















DAFTAR  GAMBAR

  1. Tampilan depan Microsoft  Office..........................................................   3
  2. Tampilan  depan Microsoft  Office.........................................................   3 


















BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Dalam masa modern ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat telah membawa berbarbagai dampak dalam kehidupan manusia.Terutama kepada para pelajar. Berbagai media massa telah memberi dampak negatif bagi pelajar. Bahkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan dampak negatif bagi para pelajar.
Microsoft Office merupakan suatu aplikasi yang ada dalam sebuah sistem operasi ataupun sebuah perangkat lunak atau software komputer. Microsoft Office Excel misalnya, merupakan sebuah program ataupun bagian dari Microsoft Office.
Maka  dari  sinilah saya  mengangkat  makalh ini  untuk  mengetahui  apa – apa saja yang berkaitan dengan Microsoft office Excel. Dan makalah ini diajukan sebagai tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
B.  Tujuan  dan  Kegunaan
1.    Tujuan :
a. Sebagai tugas Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK).
b. Untuk memperoleh imformasi apa saja yang berhubungan dengan Microsoft Office Excel.
    2.     Kegunaan  :
a. Untuk memotivasi minat belajar siswa tentang Microsoft Office Excel pada khususnya dan Teknologi pada umumnya.
b. Agar para siswa mendapat pelajaran atau tambahan wawasan tentang Microsoft Office Excel.
BAB II
METODE  PENGUMPULAN  DATA

A.    Instrumen  Pengumpulan  Data
      Teknik Pengumpulan data pada makalah ini dengan cara mengambil langsung data – data yang diperlukan di Internet atau mengunjungi  website -  website yang ada di Internet sesuai dengan petunjuk tugas.

B.     Lokasi  dan  Waktu  Pengumpulan  Data
      Lokasi pengambilan data  dilaksanakan di wilayah kecamatan Tamalatea khususnya di salah satu warnet yang bernama The Machz  pada hari Jumat tanggal 18 Maret 2011.











BAB III
PEMBAHASAN

A.    Microsoft  Office
Membuat Tampilan Office 2007 dan 2010 Seperti Microsoft Office 2003 Image


Menambahkan Password Pada File Word dan Excel 2007 Image

         Meskipun banyak sekali aplikasi pengolah data dan pengolah data yang bermunculan, microsoft office masih merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk keperluan tersebut. Ada banyak versi yang telah dirilis oleh microsoft ke publik, mulai dari versi lama dan versi terbaru seperti microsoft office 2010.
B.     Apakah  Microsoft  Excel itu ?

            Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.


C.    Sejarah  Perkembangan  Microsoft  Excel

       Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
       Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
         Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan             Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
          Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
         Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
         Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
          Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
          Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya. ==

D.    Versi  Microsoft  Excel
Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
Tahun
Versi Excel
Excel 1.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.0 for Windows
Tidak ada Microsoft Office
Excel 1.5
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 5.0
Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit)
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
Excel 5.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
Excel 97 (Excel 8)
Microsoft Office 97
Excel 8.0
Apple Macintosh
Microsoft Office '98 for Macintosh
Excel 2000 (Excel 9)
Microsoft Office 2000
Excel 9.0
Apple Macintosh
Microsoft Office 2001 for Macintosh
Excel 2002 (Excel 10)
Microsoft Office XP
Excel 10.0
Microsoft Office v. X
Excel 2003 (Excel 11)
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2003
Excel 11.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office 2004 for Macintosh
Excel 2007 (Excel 12)
Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008.
Microsoft Office System 2007
Tabel  1. Versi – versi Microsoft Office Excel

E.     Keuntungan  Microsoft  Excel

Keakraban

Kebanyakan orang telah menggunakan produk Microsoft lain, apakah itu Word atau PowerPoint. Microsoft Excel menggunakan antarmuka standar Anda sudah akrab dengan.

Ukuran

Microsoft Excel sangat dapat menyimpan data dalam jumlah besar - hingga 1 juta baris oleh 16, 000 kolom.

Charts

Excel menciptakan profesional-tampak diagram dan grafik dengan efek 3-D, membayangi dan bahkan transparansi.

PivotTables

PivtotTables membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dengan cepat, mudah dan responsif. Anda dapat drag dan drop kolom untuk membuat perubahan pandangan meja.



Conditional Formatting

Dengan format kondisional, Anda dapat mengubah cara seorang "sel" (perpotongan kolom dan baris) tampak didasarkan pada informasi yang terkandung. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sel dengan nilai negatif memiliki teks merah, sementara nilai-nilai positif telah teks hitam.

Berbagi

Jika Anda menggunakan Microsoft Office SharePoint Server dengan Excel Anda, Anda dapat mengubah spreadsheet Excel ke dalam sebuah file HTML sehingga siapa pun dapat melihat data menggunakan web browser.



















BAB 1V
PENUTUP
     Dalam bab ini kami akan menyajikan kesimpulan dari hasil penelitian dan saran.
a.                  Kesimpulan
        Meskipun banyak sekali aplikasi pengolah data dan pengolah data yang bermunculan, microsoft office masih merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk keperluan tersebut. Ada banyak versi yang telah dirilis oleh microsoft ke publik, mulai dari versi lama dan versi terbaru seperti microsoft office 2010.
        Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

b.            Saran
     Berdasarkan uraian-uraian yang telah dikemukakan maka kami dapat mengemukakan saran-saran atau implikasi penelitian sebagai berikut :
1.      Kepada para siswa ataupun siapa saja marilah kita menjadikan makalah ini sebagai acuan dalam mengenal ataupun menjalankan microsoft Office khususnya Excel baik itu Excel 2003, 2007, ataupun Excel 2010.
2.      Kepada para Orang tua siswa agar memperhatikan anaknya dan berilah semangat atau support supaya mereka termotivasi untuk belajar.


DAFTAR PUSTAKA
Zulkarnain, Dede dkk.2011.Karya Ilmiah Pengaruh Facebook terhadap Prestasi Belajar Siswa  
            kelas XI.B1  SMAN 1 Tamalatea.Tanetea.
Wikipedia  Indonesia













BIOGRAFI  PENULIS

                                                                                        Dede   Zulkarnain  , dilahirkan  di  Pokobulo
                                                                pada   tanggal   09  Mei    1994.   Dede
                                                                merupakan   anak   kedua    dari   3
                                                                bersaudara.  Dede    merupakan   buah  cinta 
                                                                pasangan   suami  istri  Sirajuddin  dan 
                                                               St.Bungarani. Pernah   duduk  di  bangku 
                                                               sekolah   SDN  17  Pokobulo  dan  lulus  pada 
                                                               tahun  2006 , SMPN  1  Bontoramba  dan 
lulus  pada   tahun  2009 , dan  sekarang   di  SMAN  1  Tamalatea  dan  insya Allah  tamat 
pada  tahun  2012  nanti.
   
        Prestasi   yang  pernah  didapatnya  pada  bangku  SD  Juara  1  lomba  Cerdas  Cermat   
dan   SKJ  sekecamatan   Bontoramba, Juara  3  Cerdas  Cermat  sekabupaten  Jeneponto.
Dan  sering   mendapat  peringkat  1  dikelasnya. Di  bangku  SMP  pernah   menjadi 
Juara  1  lomba  MIPA  sekecamatan  Bontoramba. Dan  sering  pula  menedapat 
peringkat  1  dikelasnya. Dibangku  SMA  dia  Sering   mendapat  peringkat  1  di
kelasnya.Dan selalu  mengikuti   Pelatihan – pelatihan / seminar  baik  tingkat 
Kabupaten  maupun  Provinsi . Dia  mempunyai  hobby   menyanyi   dan  bercita – cita 
menjadi  Dokter , Guru , Jurnalis   dan  menjadi  orang  yang  berguna  bagi  nusa  dan 
bangsa.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar